Senin, 07 September 2015

"Pembeli kadang bisa jadi pelayan" (self service)


"Pembeli adalah Raja" << pepatah jaman dulu
"Pembeli kadang bisa jadi pelayan" << Pepatah jaman sekarang
.
Kalau pepatah dulu "pembeli adalah raja" di mana penjual melayani apa maunya si pembeli.
Kalau jaman sekarang nggak selalu begitu, malah kadang-kadang sadar atau nggak sadar pembeli bisa jadi pelayan.
.
Contohnya di supermarket, minimarket, toko buku, dan beberapa toko lainnya, pembeli "disuruh" nyari barang sendiri, bawa barang sendiri. Yang jual tinggal nunggu di meja kasir.
.
Di perkebunan yang mau beli buah "disuruh" metik buah sendiri.
Di pemancingan yang mau beli ikan "disuruh" mancing sendiri
.
Di beberapa restoran fast food pembeli "disuruh" ngambil pesenan sendiri.
Bahkan di beberapa restoran jepang dan korea, pembeli "disuruh" masak sendiri.
.

Di luar negeri pun, hampir seluruh SPBU untuk mengisi bensin adalah pengendara sendiri, tidak dilayani oleh petugas. Sekarang di Indonesia beberapa sudah juga menggunakan layanan self service seperti itu.
.
Mungkin juga kedepannya bakal ada usaha cukur rambut dimana konsumen dipersilakan menyukur rambutnya sendiri, atau usaha cuci mobil dimana konsumen dipersilakan mencuci mobilnya sendiri grin emoticon


Yang pasti, self service ini memberikan manfaat dari dua sisi. Yang pertama dari sisi pengusaha bisa menghemat biaya karena bisa menghemat gaji pegawai. Di sisi lain, konsumen merasakan sensasi dilayani oleh diri sendiri.
 grin emoticon

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon