Seberapa besar pengaruh warna terhadap keputusan orang untuk membeli? Ternyata menurut KISSmetrics, sebuah startup analitik web populer, warna memiliki pengaruh yang sangat besar.
.
Dari sebuah studi ternyata 93% konsumen memilih produk karena tampilannya. Karena sebagian besar manusia adalah tipe visual/penglihatan.
.
Warna juga membantu sebuah brand terasosiasi dengan konsumen hingga 80%. Terasosiasinya sebuah brand dapat membantu peningkatan kepercayaan konsumen. Contohnya Facebook sangat identik dengan warna biru, Coca Cola dengan warna merah, Tokopedia dengan warna hijaunya, Pos Indonesia dengan warna oranye, dll.
.
Penggunaan warna juga bisa disesuaikan dengan target market dan kriteria buyer yang memiliki tipe berbeda seperti contoh dibawah ini:
.
Dari sebuah studi ternyata 93% konsumen memilih produk karena tampilannya. Karena sebagian besar manusia adalah tipe visual/penglihatan.
.
Warna juga membantu sebuah brand terasosiasi dengan konsumen hingga 80%. Terasosiasinya sebuah brand dapat membantu peningkatan kepercayaan konsumen. Contohnya Facebook sangat identik dengan warna biru, Coca Cola dengan warna merah, Tokopedia dengan warna hijaunya, Pos Indonesia dengan warna oranye, dll.
.
Penggunaan warna juga bisa disesuaikan dengan target market dan kriteria buyer yang memiliki tipe berbeda seperti contoh dibawah ini:
> Impulse Buyer: adalah seorang pembeli yang spontan. Mereka tidak akan ragu membeli barang apapun yang dipajang selama mereka menyukainya. Walaupun harus berhutang atau menggunakan kartu kredit sekalipun. Untuk tipe pembeli seperti ini, warna yang cocok adalah: orange kemerahan, hitam atau biru terang.
.
> Pembeli dengan budget ketat: Artinya pembeli yang memiliki dana terbatas untuk belanja. Tipe seperti ini biasanya memiliki perencanaan keuangan yang ketat dan mampu menahan dirinya untuk tidak membeli jika memang harganya tidak sesuai dengan mereka. Untuk pembeli seperti ini, warna yang sesuai adalah: hijau kebiruan dan biru gelap/ biru laut.
.
> Pembeli Tradisional: Ini adalah tipe pembeli yang lebih memilih cara transaksi tradisional. Tipe pembeli seperti ini biasanya jarang atau asing dalam melakukan transaksi online dan tidak memiliki kartu kredit. Untuk menarik tipe seperti ini agar mau melakukan transaksi di toko online Anda, gunakanlah warna: pink, biru langit, dan merah mawar.
.
sumber:
-id.techinasia.com/bagaimana-warna-bisa-mempengaruhi-pelanggan/
-irmasustika.com/home/warna-menentukan-penjualan/
.
Sementara cara untuk mengatur warna dengan cepat dan mengatur bagian lainnya untuk promosi produk atau jasa bisa dilihat di video berikut: http://bit.ly/DemoDeproPower
.
Ada 200 template desain promosi powerfull yang bisa diedit sesuka hati warnanya dan semua bagiannya hanya menggunkaan power point. Ada di http://www.depropower.com/
.
Hidup itu penuh warna, dan hidup itu indah.
.
> Pembeli dengan budget ketat: Artinya pembeli yang memiliki dana terbatas untuk belanja. Tipe seperti ini biasanya memiliki perencanaan keuangan yang ketat dan mampu menahan dirinya untuk tidak membeli jika memang harganya tidak sesuai dengan mereka. Untuk pembeli seperti ini, warna yang sesuai adalah: hijau kebiruan dan biru gelap/ biru laut.
.
> Pembeli Tradisional: Ini adalah tipe pembeli yang lebih memilih cara transaksi tradisional. Tipe pembeli seperti ini biasanya jarang atau asing dalam melakukan transaksi online dan tidak memiliki kartu kredit. Untuk menarik tipe seperti ini agar mau melakukan transaksi di toko online Anda, gunakanlah warna: pink, biru langit, dan merah mawar.
.
sumber:
-id.techinasia.com/bagaimana-warna-bisa-mempengaruhi-pelanggan/
-irmasustika.com/home/warna-menentukan-penjualan/
.
Sementara cara untuk mengatur warna dengan cepat dan mengatur bagian lainnya untuk promosi produk atau jasa bisa dilihat di video berikut: http://bit.ly/DemoDeproPower
.
Ada 200 template desain promosi powerfull yang bisa diedit sesuka hati warnanya dan semua bagiannya hanya menggunkaan power point. Ada di http://www.depropower.com/
.
Hidup itu penuh warna, dan hidup itu indah.
Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon